Search

Investor Asing Dominasi Pasar Modal Indonesia, Ini Buktinya - Okezone

SOLO - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan komposisi investor asing di pasar modal Indonesia meningkat karena membaiknya kepercayaan asing terhadap perekonomian dalam negeri.

”Jika dibandingkan komposisi investor asing pada tahun 2017 sekitar 51% dan di tahun 2018 meningkat menjadi 52% dari total jumlah investor saham sebanyak 830.318 investor," kata Kepala BEI Surakarta M Wira Adibrata seperti dikutip Harian Neraca, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

BERITA TERKAIT +

Meskipun di satu sisi kenaikan jumlah investor asing tersebut menggerus jumlah investor lokal, lanjut Wira, kenaikannya menjadi bukti bahwa fundamental di Indonesia dalam kondisi baik. "Kalau di tahun 2017 komposisi investor lokal sekitar 48% dan di tahun 2018 turun menjadi sekitar 47%,”ujarnya.

 Baca Juga: Pasar Modal RI Dibanjiri Dana Asing

Terkait hal itu, pihaknya berupaya terus menjaga kenaikan jumlah investor lokal, di antaranya dengan aktif menyelenggarakan kelas pasar modal dan menyosialisasikan materi pasar modal di kampus-kampus.

“Salah satu yang kami sasar adalah kalangan milenial dan bahkan saat ini komposisinya cukup menggembirakan, sekitar 40%,”ungkapnya.

Berdasarkan data, dikatakannya, jumlah investor di Soloraya saat ini mengalami kenaikan. Sebagai perbandingan, pada tahun 2016 jumlah investor di Soloraya sebanyak 17.517 investor, sedangkan di tahun 2018 naik menjadi 27.940 investor. Disampaikannya, meningkatnya jumlah investor yang cukup signifikan ini juga karena memasyarakatnya jargon 'Yuk Nabung Saham', sehingga bisa menghapus eksklusivitas pasar modal hanya untuk kalangan menengah atas.

 Baca Juga: Presiden Jokowi: Pelaku Pasar Modal Layak Mendapat Apresiasi

Sementara itu, dari sisi besaran transaksi pasar modal secara nasional saat ini mencapai Rp8 triliun per hari. Sedangkan jika melihat Soloraya, transaksi hanya dapat diketahui setiap bulannya, yaitu sekitar Rp3-3,5 triliun per bulan.

”Untuk jumlah perusahaan sekuritas di Soloraya saat ini ada 21 perusahaan. Masing-masing dari mereka juga aktif memasarkan pasar modal dan memudahkan penyelesaian proses pembuatan rekening," katanya.

(dni)

Let's block ads! (Why?)

https://economy.okezone.com/read/2019/01/11/278/2003099/investor-asing-dominasi-pasar-modal-indonesia-ini-buktinya

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Investor Asing Dominasi Pasar Modal Indonesia, Ini Buktinya - Okezone"

  1. Kami menawarkan berbagai permainan yang terpopuler saat ini dengan minimal deposit hanya 10rb! Nikmati 8 Permainan dalam 1 user ID

    *ADU Q
    *BANDAR POKER
    *BANDAR Q
    *CAPSA SUSUN
    *DOMINO 99
    *POKER ONLINE
    *SAKONG
    *BANDAR 66

    Hanya ada di www(.)pokervita(.)fun situs judi capsa susun online terpercaya dengan bonus turn over setiap harinya. Masih ada bonus lainnya yang dapat anda nikmati, seperti:

    - Bonus referral 15%
    - Bonus Cashback (Harian, Bulanan)
    - Bonus Mingguan 0.5%

    WA: 0812.2222.996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete

Powered by Blogger.