Search

UTU Kampus Terhijau di Aceh - Serambi Indonesia

* Versi UI GreenMetric 2018

DEPOK - Universitas Teuku Umar (UTU) menempati ranking ke-21 secara nasional sebagai kampus yang paling peduli terhadap lingkungan di Indonesia. Ranking versi UI GreenMetric 2018 itu diumumkan di Universitas Indonesia (UI) di Kampus UI, Depok, Rabu (19/12).

Acara ini turut dihadiri Dr Muhammad Dimyati (Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti RI), Dr Agus Justianto (Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI), beserta Prof Dr Muhammad Anis MMet (Rektor UI).

Berdasarkan data dari UI GreenMetric 2018, ada 719 perguruan tinggi dari 81 negara yang ikut dalam perankingan tersebut, dan 66 di antaranya berasal dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Menurut Prof Dr Riri Fitri Sari MM MSc yang menjadi ketua tim penilai UI GreenMetric terdapat enam kriteria dan indikator dengan bobot tertentu dalam UI GreenMetric, yaitu setting dan infrastruktur (18%); energi dan perubahan iklim (21%); sampah (15%); air (10%), transportasi (18%), dan pendidikan (18%).

Adapun ranking universitas yang peduli lingkungan diperingkat dunia, adalah Wageningen University & Research (Belanda). Diperingkat selanjutnya diraih oleh University of Nottingham (Inggris), University of California Davis (Amerika Serikat), University of Oxford (Inggris) dan Nottingham Trent University (Inggris).

Sementara itu, secara nasional, Universitas Indonesia kembali menempati ranking pertama yang dikuti oleh Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Negeri Semarang.

Untuk kampus di luar Jawa, ranking pertama diraih Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, Univerditas Negeri Medan, Universitas Lampung, dan Universitas Teuku Umar.

Rektor UTU, Prof Dr Jasman J Ma’ruf MBA mengatakan bahwa ini merupakan tahun ketiga UTU masuk dalam 25 universitas yang paling peduli lingkungan di Indonesia. “Kita sangat bersyukur mendapatkan penghargaan tersebut, itu artinya UTU masuk dalam perhitungan sebagai kampus yang menjalankan komitmen pada kehidupan kampus yang ramah lingkungan (sustainability),” jelas Prof Jasman. (dik)

Let's block ads! (Why?)

http://aceh.tribunnews.com/2018/12/23/utu-kampus-terhijau-di-aceh

Bagikan Berita Ini

0 Response to "UTU Kampus Terhijau di Aceh - Serambi Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.