Search

Sosialisasi Tugas Diplomat, Kementerian Luar Negeri Masuk Kampus - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Luar Negeri RI menyelenggarakan Diplomacy Festival atau DiploFest sebagai bentuk upaya menghadirkan diplomasi di tengah masyarakat.

DiploFest juga menjadi cara bagi Kementerian Luar Negeri untuk mengenalkan tugas-tugas diplomat Indonesia di berbagai negara dan organisasi internasional kepada kalangan muda sebagai generasi penerus diplomasi di masa depan. Acara ini diselenggarakan di Yogyakarta, Surabaya dan Bandung.

“Melalui acara ini diharapkan masyarakat, terutama generasi muda, sebagai aset diplomasi bangsa dapat mengetahui upaya-upaya yang sudah dilakukan Kemlu dalam turut serta melindungi, menyejahterakan, dan mencerdaskan bangsa, serta berpartisipasi aktif menjaga perdamaian dunia,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Cecep Herawan.

Baca: Kementerian Luar Negeri Kenalkan Indonesia Kini ke Diplomat Muda

Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan, Senin, 17 November 2018, menjelaskan rangkaian kegiatan DiploFest di Bandung dilakukan pada 18 dan 19 Desember 2018 di sejumlah universitas di sekitar Bandung. Diantara rangkaian kegiatan DiploFest adalah kuliah umum yang mengangkat topik kiprah diplomasi dan kebijakan politik luar negeri RI.

Acara DiploFest di Universitas Padjadjaran pada Rabu, 19 Desember 2018 dihadiri oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi. Dalam kesempatan itu, Retno memberikan kuliah umum bertajuk “Talkshow with #MenluRetno”.

Baca: 47 Diplomat Kementerian Luar Negeri Nyantri di Pondok Gontor

Para pengunjung yang hadir ke DiploFest berkesempatan mendalami secara langsung berbagai praktik diplomasi di area booth DiploFest. Di area Diplomates, pengunjung dapat berbincang dengan sejumlah diplomat Indonesia mengenai pengalaman menjadi duta bangsa di mancanegara.

Dalam acara yang digagas oleh Kementerian Luar Negeri RI ini, terdapat pula area Talking Points yang menyajikan berbagai pelatihan soft skills tekait diplomasi, misalnya simulasi sidang PBB dan public speaking. Di area Protocol 101, pengunjung dapat belajar tentang hal-hal keprotokoleran dalam pergaulan internasional.

Let's block ads! (Why?)

https://dunia.tempo.co/read/1156698/sosialisasi-tugas-diplomat-kementerian-luar-negeri-masuk-kampus

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sosialisasi Tugas Diplomat, Kementerian Luar Negeri Masuk Kampus - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.