Search

Ma'ruf Amin: Kampus Harus Bantu Perekonomian Umat - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, BANTEN - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta kampus membantu perekonomian umat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Ma'ruf, kampus harus mampu mendorong peningkatan kapasitas masyarakat, termasuk kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu disampaikan Ma'ruf saat memberi orasi ilmiah bertajuk "Arus Baru Ekonomi di Indonesia: Perspektif Syariah" pada Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Convention Hall Hotel The Royale Krakatau, Kota Cilegon, Sabtu (14/12/2019).

Baca: Soal Hukum Mati Koruptor, Wapres Maruf Amin: Jika Dihukum Mati Saja Tak Jera, Apalagi Tidak

Baca: Ujian Nasional Dihapus, JK Mengkritik hingga Maruf Amin Tak Masalah Asal Alat Ukur Jelas

Baca: Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, Maruf Amin: Harus Ada Alat Ukur yang Efektif

"Peran katalisator ini sangat penting karena persoalan mendasar yang saat ini kita hadapi adalah kualitas Sumber Daya Manusia. Pemerintah telah menempatkan Pembangunan SDM Unggul sebagai prioritas pertama," ujar Ma'ruf.

Lebih lanjut, Wapres menuturkan SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, produktif menghasilkan sesuatu yang manfaat dan maslahat, memiliki semangat untuk berkompetisi, cinta tanah air, dan berakhlak mulia, dan ber-akhlakul karimah.

"Kampus sebagai lembaga pendidikan, tentu saja berperan penting dalam peningkatan kualitas SDM," terangnya.

Wapres menjelaskan, dari 126,57 juta penduduk usia 15 tahun yang bekerja, berdasarkan data angkatan kerja Agustus 2019 hanya sekitar 12,27 juta atau hanya 9,7 persen merupakan lulusan universitas.

Wapres berharap kepada para wisudawan dan wisudawati agar menjadi agen perubahan masyarakat dan berkontribusi secara nyata bagi pembangunan.

Sementara itu Gubernur Banten Wahidin Halim yang juga hadir menyatakan, siap memberikan bantuan bea siswa bagi mahasiwa UIN Banten.

Setelah menyampaikan orasi ilmiahnya, Wapres didampingi Gubernur Banten Wahidin Halim dan Rektor UIN Banten Fauzul Iman menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang sebelumnya IAIN menjadi UIN.

Let's block ads! (Why?)

https://www.tribunnews.com/nasional/2019/12/15/maruf-amin-kampus-harus-bantu-perekonomian-umat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ma'ruf Amin: Kampus Harus Bantu Perekonomian Umat - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.