Search

Pemkab Cirebon Berharap Kampus Sementara ITB Nantinya Bisa Dipakai OPD yang Membutuhkan - Tribun Jabar

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Kampus sementara ITB di Cirebon yang terletak di Jalan Fatahillah, Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, sudah digunakan.

Bangunan tersebut merupakan bangunan simpan pinjam dari Pemkab Cirebon sebelum kampus utama ITB didirikan.

"Gedung di kampus sementara ini sudah selesai dua bulan lalu, sudah dipinjam pakai sampai menunggu kampus utama selesai," kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan, Permukiman, dan Pertamanan (DKPP) Kabupaten Cirebon, Sukma Nugraha, saat ditemui di Watubelah, Sumber, Cirebon, Senin (24/12/2018).

Ia berharap, pembangunan kampus utama sudah selesai, bangunan kampus sementara bisa diserahkan kembali kepada Pemkab Cirebon. Nantinya, akan dipakai oleh dinas yang membutuhkan.

"Saya menyarankan untuk Disbudparpora karena dekat dengan Stadion Watubelah sehingga bisa untuk mengawasi," tambahnya.

Seperti diketahui, TB kampus Cirebon akan dibangun di atas tanah seluas 30 hektare di Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, memiliki konsep pembangunan berkelanjutan dan memiliki desain yang menerapkan kearifan lokal Cirebon.

Hal itu dapat dilihat dari segi bangunan mulai dari arsitektur depan hingga seluruh ruangan.

Magrib Tiba, Jalur Punclut Masih Macet, Jalan Didominasi Kendaraan Roda Empat

Kearifan Cirebon menjadi warna yang dipertimbangkan, beberapa bangunan akan tercermin dari konsep bangunan Keraton Kasepuhan Cirebon, Batik Mega Mendung khas Cirebon, serta mengedapkan kampus bernuansa hijau.

Kampus ITB di Cirebon juga mengadopsi beberapa bangunan menyerupai kampus di Ganesha Bandung.

Saat ini, lahan yang akan dijadikan kampus ITB bersebut merupakan hamparan sawah. Di sana juga terdapat Sungai Winong yang akan ditata menjadi lebih indah.

Ada 11 kegiatan tahap awal yang akan dilakukan ITB, dia antaranya menjadikan Cirebon menjadikan Cirebon Digital City, Peresmian Laboratorium Satelit, Griya Batik, Tata Ruang, dan Laboratorium pertambangan bawah tanah.

Rencananya, kampus ITB di Cirebon akan mulai ditempati pada tahun 2020.

Setahun Setelah ISIS Kalah, Irak Rayakan Natal Secara Meriah, Pohon 26 Meter Didirikan di Baghdad

Let's block ads! (Why?)

http://jabar.tribunnews.com/2018/12/24/pemkab-cirebon-berharap-kampus-sementara-itb-nantinya-bisa-dipakai-opd-yang-membutuhkan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemkab Cirebon Berharap Kampus Sementara ITB Nantinya Bisa Dipakai OPD yang Membutuhkan - Tribun Jabar"

Post a Comment

Powered by Blogger.